6 Cara Mengelola Uang, Rahasianya Orang

Jikapun ada prasangka itu muncul, maka kita diharuskan untuk menepisnya dan sebisa mungkin mencarikan alasan agar kita tetap bisa berprasangka baik terhadapnya. Dengan diiringi itikad untuk tabayyun dan memberikan nasehat demi kebaikannya. Orang yang Ghibthah juga tidak merasa benci manakala melihat orang lain mendapatkan nikmat atau keberuntungan. Allah Swt memerintahkan sesama muslim untuk saling mendukng, membantu, mendoakan dan turut merasa gembira atas kegembiraan yang sedang dirasakan oleh sesama muslim. Inilah yang disebut dengan sikap Ghibthah, sikap yang bertolak belakang dengan dengki.

Hadits ini menasihati agar kita menjauhi perbuatan meminta-minta; sekaligus untuk mendorong agar kita lebih suka memberi dari pada meminta karena yang memberi akan menjadi pihak yang lebih baik dari pada yang diberi. Singkatnya, hadits ini menegaskan bahwa memberi itu lebih baik dari pada meminta. Namun sayangnya, tak banyak orang yang menyadari bahwa kebahagiaan sebenarnya berasal dari hati. Hatilah yang dapat menentukan bahagia atau tidaknya seseorang.

Secara logika, bahwa datangnya kekayaan itu melalui orang. Juga penting dari orang juga kita bisa mendapatkan ilmu dan kemampuan menjadi kaya. Bahwa Allah Maha Kaya, tidak akan habis meski sudah banyak orang lain kaya. Tidak perlu dengki, tidak perlu takut kehabisan, tidak perlu takut dengan persaingan. Sejak 14 abad lalu, Nabi Muhammad SAW telah memberi teladan terbaik untuk seluruh manusia. Beliau mengajarkan Tauhid dan Sunnah demi keselamatan dan kebaikan manusia di dunia dan akhirat.

Untuk mencapai kesuksesan serupa, kita juga perlu membiasakan diri melakukan apa yang orang – orang sukses lakukan. Kaum Quraisy dulunya selain punya semangat dagang yang tinggi, mereka juga punya semangat saling assist satu sama lain. Gotong royong dalam kongsi dagang membuat kaum ini unggul dan sukses di dunia perniagaan. Di dalamnya terdapat pedoman lengkap mulai dari hubungan dengan sesama manusia hingga hubungan dengan Alloh .

Membantu orang lain juga merupakan sebuah ibadah yang bisa membahagiakan diri sendiri serta orang lain. Ada yang tujuannya murni untuk membantu, tapi ada juga yang hanya ingin pamer. Terlepas dari apapun tujuannya, membantu dan rela berkorban demi orang lain sangatlah diperlukan. Orang kaya kebanyakan tidak seperti itu, mereka melakukan hal yang disukai sehingga bekerja pun rasanya lebih ringan dan selalu bersemangat. Saat sudah menikmati suatu pekerjaan, seseorang tidak lagi memikirkan berapa uang yang akan mereka dapat karena nyatanya mereka sudah mendapatkan kebahagiaan dari pekerjaan tersebut.

Namun apabila sebaliknya, segala urusan yang dilakukan di dunia akan sulit dan akan terbawa hingga akhirat kelak. Anda gak bisa jual motor lain, karena ada 10.000 jaringan showroom motor tiga besar tadi mengirim jaminan ke principal. Jadi yang akad kredit tiga turunan, dia, anak dan cucunya mengikat kredit stok motor untuk showroom. Di antara mereka ada yang dapat tempo pembayaran, plafon kredit Rp20 M misalnya maka uang omzet yang tertahan itu, disebut money Bandar Slot available, dibelikan emas, properti, villa, dll. Saat emas naik gara gara dolar naik, mereka dapat keuntungan capital acquire.

Setiap orang mendapatkan kapling ketentuannya masing- masing. Jangankan satu kampong, bahkan kakak-adik saja atau kembar sekalipun tetap saja berbeda. Rezeki, kemampuan, postur tubuh, jodoh dan hal lainnyatidak akan sama. Namun, penting untuk dipahami bahwa maksud menutupi aib sesama muslim itu bukan berarti menutup-nutupi perbuatan muslim yang berbuat kezhaliman.