Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula Yang Ingin Sukses Di Bidang Buying And Selling

Meski beberapa saham bluechip memiliki harga yang cukup mahal per lembarnya, namun saham ini diyakini merupakan saham terbaik dan aman serta cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Trading sendiri membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak, dimana anda harus terus memantau pergerakan harga saham setiap menitnya. Banyak orang yang mulai berinvestasi saham hanya melihat tren pola pergerakan saham tetapi mengabaikan sisi elementary perusahaannya. Jika indeks saham sedang naik, maka harga saham yang diukur akan meningkat atau bergerak naik dan saat indeks saham mengalami penurunan, maka harga saham-sahamnya akan ikut menurun. Jangan sampai anda memilih sebuah perusahaan yang berpotensi mengalami kebangkrutan, karena akan merugikan dan akan menyebabkan anda gagal dalam investasi saham.

Dalam penjualan saham yang dilakukannya terdapat nilai yang didapatkan oleh para investor sesuai harga jual saham yang dikurangi biaya transaksi dan PPh. Biaya transaksi yang dimilikinya berbeda-beda setiap perusahaan sekuritas. Umumnya 0,2 – ,three % dari nilai pembelian saham yang dilakukannya. Oleh karena itu, investor perlu mempertimbangkan besaran biaya transaksi yang ditetapkan perusahaan sekuritas ketika ingin membuka rekening efek. Usahakan untuk memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk setiap transaksi.

Namun, ada juga yang hanya menetapkan biaya 0,15% untuk pembelian dan zero,20% untuk penjualan. Sedangkan untuk menjual saham, harus memperhatikan waktu yang tepat. Waktu tepat untuk menjual saham adalah saat harganya sedang naik. Jadi anda hanya perlu membaca dengan cermat penjelasan yang ada di aplikasi Universal Broker. pihak Universal Broker biasanya juga akan memberikan rekomendasi tindakan apa yang harus anda lakukan terhadap saham yang anda miliki. Apakah harus dijual, dibeli atau di maintain untuk dilakukan tindakan lain di kemudian hari.

Tips bermain saham

Bagi trader, reduce loss bisa ditetapkan ketika harga saham turun terus menerus dalam hitungan bulan atau kurang dari setahun. Untuk investor, reduce loss ditetapkan ketika terjadi perubahan fundamental pada kinerja perusahaan. Para investor pemula disarankan untuk menyiapkan modal bermain saham dari dana pribadi yang tidak terpakai, alias uang menganggur atau dana dingin. Namun berhubung modal anda kecil, anda sebaiknya tidak memilih saham dengan risiko tinggi agar anda tidak rugi. Jenis perusahaan yang berisiko tinggi akan lebih mudah dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar sehingga sulit bagi anda untuk membuat laba.

Ingat, jangan hanya membandingkan untuk satu tahun, tapi minimal adalah data 3 tahun terakhir untuk menentukan layak tidaknya perusahaan ini kita koleksi. Sedangkan untuk kondisi keuangan, tentu saja tidak lepas dari laporan keuangan yang bisa diambil dari situs BEI. Cari tahu rasio utang, ROI , kemudian pattern pendapatan bersihnya. Nah, concern kita bisa dibatasi ke sisi manajerial perusahaan dan kondisi keuangannya.

Jika anda mendapatkan keuntungan maka anda akan cepat mendapatkan uang. Disaat harga saham sedang turun, Anda justru disarankan untuk membeli saham karena ketika harga sahamnya naik kembali di kemudian hari, Anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Pastikan Anda telah mempertimbangkan aspek lainnya sebelum membeli saham pada kondisi yang tidak menentu.

Investasi saham-saham IPO dilakukan setelah pergerakan harganya regular kembali, berkisar tiga bulan setelah resmi diperdagangkan di bursa. Jika tiga bulan dirasakan lama, bisa beli saat book-building atau maksimal mengejar hanya pada hari ketiga IPO. Strategi yang paling utama jika ingin bermain di saham IPO, dengan masuk melalui penjamin emisinya atau dalam kata lain ikut proses book-building.

Alasannya simple sekali, yaitu karena lebih aman dan tidak terlalu membebani. Bila telah jadi dan disampaikan lewat email maka si calon investor saham akan mendapat data mengenai ID, password dan rekening investor. Adapun untuk membeli saham, jumlahnya lebih rendah lagi, yakni minimal Rp.5000 saja sudah bisa. Ada juga yang melakukan revenue taking alias menjual sahamnya ketika sudah untung 1 atau 2 persen saja. Akan tetapi, untung dengan persentase segitu saja sudah ‘berasa’, karena mereka menggunakan modal yang sangat besar. Asal kamu tahu, sejak pertama kali melakukan IPO , kenaikan harga saham BCA mencapai 14 ribu persen!

Bayangin saja orang yang dulu cuma investasi Rp500 ribu di tahun 2000 dengan beli saham BCA, untung Rp70 jutaan dalam lebih dari 10 tahun. Kuncinya cuma satu yaitu sabar, dan gak buru-buru jual sahamnya. Diversifikasi saham sendiri adalah teknik yang digunakan oleh seorang investor untuk mengurangi risiko kerugian. Caranya dengan membeli saham di sektor yang berbeda-beda seperti properti, perbankan maupun shopper items. Sementara itu, kalau jadi investor, kamu disarankan menyimpan saham dalam waktu yang lama dan memanen keuntungannya di kemudian hari. Banyak orang mengalami kerugian karena labil menentukan pilihan mau menjadi trader atau investor.