Cara Mendaftar Vaksinasi Covid

Setelah peserta mengisi data di website tersebut maka seluruh knowledge peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya akan ditentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan slot terbaru 2021 vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia. Suara.com – Orang lanjut usia di atas 60 tahun sudah bisa melakukan vaksinasi Covid-19 sejak pekan kemarin dengan terlebih dahulu mendaftar melalui Puskesmas atau rumah sakit pemerintah.

Sementara itu, DKI Jakarta dan Jawa saat ini menjadi wilayah yang mudah untuk dilakukan vaksinasi covid-19 kepada lansia. Menkes Budi mengatakan bahwa Kemenkes saat ini sedang berupaya memeratakan pemberian vaksin covid-19 untuk lansia. Hal ini khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah jauh dari perkotaan. “Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M, meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” kata Nadia.

Namun untuk penerima dari lansia, dilakukan di ibu Kota Negara dan ibu kota Provinsi didahului dengan pendaftaran melalui hyperlink Masih mengutip Menkes Budi, menurutnya, kaum lansia masih kalah rebutan dengan kelompok lain yang sedang dalam program vaksin juga. Lansia yang berumur 60 tahun dan diatas 60 tahun dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Sama seperti tahap sebelumnya, sistem vaksinasi untuk lansia dilakukan dengan sistem bottom up. Ia menuturkan, lebih dari 10 ribu lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Ia berharap, kebutuhan atau stok vaksin bagi Batam terus ditambah demi menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Secara nasional terdapat sekitar 11.600 nakes dengan usia di atas 60 tahun. Tingginya risiko yang dihadapai membuat nakes di atas 60 tahun akan mendapat prioritas vaksinasi. “Untuk saat ini masih fokus dosis pertama ke lansia dan pendidik. Kalau dosis kedua bagi pelayan publik,” kata Plt Kasi Survim Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Dyah Arum Retnaningtyas. Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona. Sementara itu, pemberian vaksin sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu 28 hari. Nantinya, pemberian vaksin Sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu yang berbeda antara dosis pertama dan kedua.

Hadirnya layanan ini merupakan bentuk kerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan sektor swasta dalam menyediakan layanan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi COVID-19. “Misalnya difasilitasi oleh komisi daerah lansia, pengurus RT, RW, atau kampung. Bisa melakukan pendaftaran secara kolektif,” ujarnya seperti dilansir dari Antara. Salah satu lansia yang juga Wakil Ketua PMI Sragen, Suwarno sangat setuju lansia mendapat kesempatan menerima suntikan vaksin. Dia menegaskan suntikan vaksin aman dan tidak menimbulkan efek yang berat. “Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati.