Dewa Kipas

ERA.id – Dadang Subur alias Dewa Kipas siap menghadapi pecatur putri Indonesia pemegang gelar Women Grand Master Irene Kharisma Sukandar. Geram dengan berita yang beredar, Dadang Subur akhirnya menerima ajakan untuk bermain catur yang disaksikan publik. Ia akan melawan Irene Sukandar, seorang Grand Master Wanita dari Indonesia yang kini telah meraih gelar International Master. Jagat maya dihebohkan dengan berita Live Dewa Kipas , seorang pensiunan sang pemilik akun Dewa_Kipas yang awal Maret ini diblokir di situs Chess.com. Banyak berita berlalu lalang, bahkan PB Percasi telah melakukan investigasi dan mengumpulkan information kingkong slot yang mengindikasikan Dewa_Kipas bermain catur daring menggunakan bot. Jakarta, Beritasatu.com – Grand Master Internasional Wanita Irene Sukandar akan melawan pemilik akun Dewa Kipas, Dadang Subur, yang akan disiarkan secara langsung di podcast Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Diketahui, belum lama ini Tanah Air dibuat heboh dengan kabar kemenangan seorang pecatur berjuluk Dewa Kipas. “Pertandingan ini bukan ajang pembuktian , hanya untuk menjalin persahabatan,” tegasnya. “Untuk Pak Dadang, apresiasi. Bagaimana pun nama catur, seperti yang kita katakan akan naik lagi,” kata Deddy saat menyerahkan uang tunai tersebut. Duel ini berawal dari kecurigaan Irene, akan kemampuan Dewa Kipas yang mengalahkan Gothamchess di aplikasi catur. Singkat cerita, Dadang Subur pada akhirnya diundang ke acara youtube Deddy Corbuzier untuk ditanyai bagaimana cerita seutuhnya.

Dan berhasil diendus seorang Deddy Corbuzier dengan sangat tanggap, cepat, dan tremendous duper responsif. Mulai dari Pak Dadang, Gotham Chess alias Levy Rozman, dan Mbak GM catur Indonesia, Irene Sukandar. Dari sebuah permainan sport on-line yang sebenarnya, kalah nggak dapat apa-apa, dan menang pun juga nggak dapat apa-apa. Tapi, syukurlah Master Deddy hadir menjadi penyelamat masalah yang bikin dunia percaturan Indonesia geger.

Ia pun mengaku tidak terbiasa menjalani pertandingan dalam format Blitz sesuai standar catur internasional dengan durasi menit. Deddy sempat bertanya pendapat Grandmaster Susanto Megaranto yang bertindak sebagai komentator pertandingan mengakui kualitas permainan Dewa Kipas. Setelah kalah dalam tiga babak, pihak Dewa Kipas mengakui keunggulan Irene dan menolak menjalani pertandingan babak keempat. Baik Dewa Kipas maupun WGM Irene mendapat kesempatan bermain masing-masing 10 menit dalam tiap babak. Bahkan dia juga mengatakan ingin bantu mengurus akun Dewa Kipas agar bisa bermain lagi—setelah ditutup oleh Chess.com. Pertandingan ini bisa menjadi pukulan telak bagi pihak-pihak yang menyebut Dewa Kipas curang jika memang Dewa Kipas memanangkan pertandingan.

Menurut Utut, dalam pertandingan catur internasional tatapan mata seperti itu tidak etis. Pada pertandingan yang digelar live streaming di kanal YouTube Deddy Corbuzier, GM Irene menang telak atas Dewa Kipas dengan skor 3-zero. Pertandingan itu sedianya digelar dalam empat babak, namun Dewa Kipas tak mau melanjutkan pertandingan karena sudah kalah di tiga babak beruntun. Meskipun tidak memiliki gelar catur, menurut Susanto, Dadang memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam permainan catur dengan elo 2.one hundred berdasarkan analisisnya saat melihat pertandingan itu. Berawal dari sebuah EO yang menggelar berbagai event, Cahya mulai kenal dunia catur saat menggarap occasion catur. Akurasi permainan Dadang Subur dalam berbagai pertandingan berdurasi 10 menit di situs itu konsisten di angka ninety% dan setara Grandmaster Internasional.