Eight Cara Agar Tidak Stres Selama Pandemi Covid

Padahal, ketiga indera tersebut dapat menjadi ‘gerbang utama’ dari virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Maka itu, Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ketika tangan dalam keadaan kotor. Ini cara mudah untuk menjaga lingkungan kita selalu dalam keadaan sehat.

“Puncaknya adalah RS rujukan, untuk penanganan kasus dengan keluhan sedang hingga berat yang butuh peralatan bantu yang spesifik termasuk ventilator. Strategi ini kita lakukan dalam rangka mengefektifkan, mengefisiensikan dan tepat sasaran saat kita gunakan Sumber Daya yang kita miliki. Inilah langkah-langkah yang dilakukan dan akan terus konsisten dilakukan,” ucap Yuri menambahkan. “Sampai sekarang kita sudah laksanakan pemeriksaan lebih dari 15 ribu. Tes PCR kita tes untuk menegakkan diagnosa dari mekanisme screening yang terarah sehingga persentase positif dari PCR ini relatif tinggi. Karena kita melakukan tidak dengan metode acak, tapi terpilih dan terstruktur dimulai dari awal,” tuturnya.

Halodoc sebagai rekanan resmi pemerintah untuk mengedukasi masyarakat mengenai COVID-19, mengizinkan Anda untuk memilih dokter-dokter spesialis sesuai dengan keluhan yang ingin Anda konsultasikan. Sementara, untuk pasien yang dinyatakan telah sembuh dari Covid-19, penanganannya hanya menggunakan obat-obatan yang dapat mengurangi gejala yang dirasakan pasien. Konsultan kesehatan masyarakat dari Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives dr. Nurul Nadia Luntungan menjelaskan, Covid-19 hampir sama seperti virus flu lainnya, yang dapat sembuh dengan sendirinya. “Untuk menghadapi stres ini, pertama yang bisa kita lakukan adalah membatasi informasi,” kata Dessy, Senin (13/four/2020). Dessy Mawar Zalia dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Cabang Sumatera Utara , dalam kondisi di tengah pandemi virus Corona COVID-19 seperti saat ini, jangan semua informasi diterima.

Selain lewat udara, droplets, dan kontak tidak langsung, banyak isu mengatakan penyakit ini juga bisa lewat pendingin udara. Itulah informasi terkait Dinda Hauw dan Rey Mbayang yang positif Covid-19. Yuk, tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku dan selalu memeriksakan kehamilan secara berkala ke dokter ya. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai bodily distancing untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun ini.

Padahal, di belahan dunia mana pun, hingga kini belum ditemukan vaksin untuk ‘mematikan’ virus tersebut. Kemudian, selama tinggal di rumah, harus tetap menjaga pola hidup yang sehat. Tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup, selalu melakukan olahraga secara teratur ataupun melakukan aktivitas fisik untuk mencegah virus Corona COVID-19. Selain itu, menjaga kebersihan ketika Bandar Slot Online berkunjung ke pasar hewan dan mencegah kontak dengan hewan liar tanpa pengaman pun sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut, sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati. Manfaatnya bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak gampang terserang virus berbahaya.

Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Cara penularan utama penyakit ini adalah melalui tetesan kecil yang dikeluarkan pada saat seseorang batuk atau bersin. Saat ini WHO menilai bahwa risiko penularan dari seseorang yang tidak bergejala COVID-19 sama sekali sangat kecil kemungkinannya.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Penelitian menunjukkan bahwa pasien COVID-19 dengan gejala ringan dapat sembuh dalam 2 minggu. Namun, sebelum Anda mengakhiri isolasi mandiri dan kembali beraktivitas, tetap lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda sudah memenuhi kriteria sembuh dari COVID-19. Karena mudah menular, penyakit ini juga berisiko tinggi menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19.

Selain itu, hindari berita-berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, yang sifatnya menakut-nakuti. Hindari juga meneruskan berita berita yang demikian ke orang lain. Dokter Lahargo menyarankan agar untuk mencari informasi dari sumber yang dapat dipercaya, karena menurutnya rasa takut dan cemas biasanya muncul karena ketidaktahuan.

Melihat perkembangan hingga saat ini, lebih dari 50% kasus konfirmasi telah dinyatakan membaik, dan angka kesembuhan akan terus meningkat. Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Meski virus corona menimbulkan dampak yang sangat besar, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi atau paparan dari virus yang satu ini. Maka itu, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus dan penyakit.