Ini Dia Cara Pendaftaran Vaksin Corona Untuk Lansia

“Tentu kami harus mengujinya dulu untuk mendapat data dari dampaknya pada manusia. Kami harus membuktikan vaksin ini memang manjur dan bisa mencegah orang terinfeksi virus corona, sebelum digunakan di populasi yang lebih besar.” Saat ini pemerintah mengirimkan tujuh juta vaksin COVID-19 untuk program vaksinasi COVID-19 lansia di 33 provinsi di Indonesia. Nadia menyebut saat ini Dinas Kesehatan provinsi sedang melakukan pendataan dari pendaftaran program vaksinasi lansia.

Pada orang yang diberi dua dosis ukuran penuh, dengan jarak 28 hari, vaksin itu sixty two% efektif; pada mereka yang diberi dosis setengah diikuti dengan dosis penuh, vaksin itu ninety% efektif, menurut analisis awal. Namun, peserta uji klinis yang mendapat setengah dosis melakukannya karena kesalahan, dan beberapa ilmuwan mempertanyakan apakah hasil awal tersebut mewakili keampuhan vaksin. Vaksin dilakukan untuk menjadi salah satu upaya dalam menangkal virus corona.

Jika ingin melakukan perencanaan kehamilan, bisa dilakukan setelah mendapat vaksinasi kedua COVID-19. Jika pernah terpapar COVID-19 dan sudah sembuh lebih dari tiga bulan, bisa diberikan vaksinasi. Sertifikat digital ini nantinya bisa memungkinkan masyarakat untuk bepergian tanpa harus melakukan tes swab PCR atau antigen lagi. Perusahaan biofarmasi dari China, Sinopharm mengembangkan vaksin Covid-19 dari virus yang tidak aktif yang disebut dengan BBIBP-CorV.

Petugas pun langsung memberikan cap tanda telah divaksin di kartu vaksinasi penerima. Selanjutnya, petugas memanggil penerima vaksin dan menanyakan reaksi yang dirasakan setelah disuntik vaksin. Dua orang petugas vaksinator akan menyiapkan dosis vaksin terdiri dari alat suntik yang baru dan vaksin dalam botol kecil. Selain suhu tubuh dan tekanan darah, dokter menanyakan riwayat kesehatan saya. Apakah pernah menderita penyakit diabetes, penyakit paru-paru, ginjal, maupun penyakit dalam lain. Dokter maupun tenaga kesehatan akan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Namun untuk sementara ini registrasi vaksin Covid-19 melalui WhatsApp hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Pembuatan vaksin COVID-19 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka kasus infeksi virus Corona yang masih terus meningkat. Dengan begitu, diharapkan masyarakat Indonesia bisa terlindung dari infeksi virus yang tengah mewabah ini. Pada tahap uji klinis fase I, vaksin disuntikkan ke beberapa sukarelawan yang umumnya adalah orang dewasa dengan kondisi sehat. Hal ini dilakukan untuk menguji keamanan vaksin COVID-19 dalam tubuh manusia. Jika dinyatakan aman dan efektif, vaksin tersebut dapat memasuki uji klinis fase II.

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM — Banyak yang masih penasaran dengan cara kerja vaksin Covid-19. Pasalnya, dengan kedatangan vaksin, semakin dekat pula waktu masyarakat untuk menjalani vaksinasi. Tampilan webiste Pedulilindungi.id yang bisa digunakan untuk pengecekan apakah terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 free of charge atau tidak. Seperti yang diberitakan, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi masal yang berlangsung mulai dari esok, Kamis 14 Januari 2021 di 33 provinsi di Indonesia.

Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun. Pemerintah juga akan menetapkkan besaran tarif maksimal atas pelayanan vaksinasi Gotong Royong dan juga biaya kingkong games pelayanan vaksinasi Gotong Royong di fasyankes swasta. Terkait penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untuk Vaksin Gotong Royong, mekanismenya sama dengan penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah.