Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Resign Kerja Saat Pandemi Virus Corona

Dengan memiliki kepekaan terhadap humor yang tinggi, seseorang dapat mengurangi perasaan yang tidak menyenangkan pada saat berhadapan dengan situasi yang mengancam . Kondisi mengancam ini ialah mudahnya penyebaran dan penularan Covid-19 yang bisa terjadi dengan tak kasat mata. Fakta ini berpotensi dalam meningkatkan kecemasan para karyawan yang harus bekerja dan bertemu banyak orang di tempat kerja. Peningkatan kecemasan ini dapat menimbulkan emosi negatif yang dialami karyawan yang dapat berimbas pada sikap kerja, kepuasan kerja dan kinerja mereka . Oleh sebab itu, sebaiknya para karyawan lebih sering melakukan kegiatan yang mengandung humor. Misalnya, membaca cerita lucu, menonton video atau film komedi di waktu istirahat, atau sekedar bercanda dengan rekan kerja.

Termasuk di dalamnya sosialisasi K3 bagi para pekerja dari praktisi terkait dan perencanaan berbagai skenario untuk menghadapi kondisi darurat ini. Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian. Sedangkan menurut ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economy Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. Sebab, itu makin memperburuk keadaan di tengah penyebaran virus Corona.

Selain lebih higienis makanan yang Anda bawa sendiri dari rumah,bodily distancingini akan membantu Kamu mencegah penyebaran virus. Jangan lupa membersihkan kedua tangan, alat makan, serta sterilkan juga meja dan kursi yang Kamu gunakan dipantryya. Setiap perusahaan tentunya akan mengambil langkah penyesuaian mengenai sistem kerja sejak sebelum masa pandemi, selama masa pandemi, hingga Kamu kembali diminta untuk bekerja di kantor lagi. Bila rutinitas sistem kerja ini berubah dengan sistem kerja baru, Kamu harus cepat beradaptasi dengan sistem baru tersebut. Dengan adaptasi gaya hidup digital dan bekerja secara remote, perusahaan harus tetap menjaga kesempatan karyawan dalam meningkatkan pengetahuaan dan ketrampilan sebuah tim. Webinar, digital talkshow, dan digital workshop, menjadi salah satu yang sedang populer saat ini dikalangan masyarakat sebagai sarana untuk membagi edukasi dan konten informatif secara digital.

Perusahaan yang karena sifat industrinya mengharuskan kehadiran pekerja maka harus mengatur sistem kerja dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Pengusaha dan pekerja bersama dengan serikat pekerja perlu melakukan dialog secara transparan sejak dini dalam mengantisipasi kondisi ketenagakerjaan akibat pandemi COVID-19 ini. Pengusaha, pekerja, serikat pekerja, dan pemerintah harus mampu menjalin kerja sama yang mengantisipasi terjadinya PHK. B. Donny A.M. SpOG, berbagai saran agar bumil tetap jaga kondisi walaupun bekerja di luar rumah selama masa pandemi Corona ini. Terlebih para Asisten Rumah Tangga Harian yang pulang pergi, mereka rentan terhadap penularan virus corona karena pulang dan pergi bekerja tanpa mengggunakan alat pelindung diri. Bagi pekerja remote kingkong slot, hal ini paling terasa sulit terutama jika Anda tidak memisahkan antara perangkat untuk bekerja dan kegiatan private.

Seluruh pekerja tidak hanya yang muda, sangat berisiko terpukul dan jatuh miskin. Layanan jaminan sosial dan akses kesehatan yang buruk akan mendidihkan situasi menjadi semakin dramatis. Kini kita memasuki babak baru bernamanew normal, era di mana kantor-kantor sudah mulai beroperasi, toko dan pusat belanja kembali menjalani roda bisnis. Kebijakanphysical distancingyang membuat kita melakukan kombinasi antarawork from residence danwork from office, membuat kerja sama tim diuji.

Namun, permasalahan bagi mereka dengan kondisi psychological yang terganggu adalah perilaku keselamatan tersebut dilakukan atas dasar kepanikan. Akibatnya, cara mencegah penularan COVID-19 yang seharusnya membantu justru menjadi pemicu gangguan psychological dikarenakan rasa cemas saat kembali ke kantor. Bahkan ILO memprediksikan dalam kondisi terburukakan ada hampir 25 juta penganggurandi seluruh dunia akibat pandemi ini. Paralel dengan pemberian paket insentif bagi pengusaha dan pekerja, dalam situasi yang sulit ini pemerintah juga harus menjadi pihak yang mampu menengahi dialog antara pengusaha dengan pekerja dan serikat pekerja baik untuk mencegah terjadinya PHK.

Berikut proses dan langkah untuk membuat agenda bekerja dari rumah bisa berjalan dengan baik. Lebih lanjut, Dr. Isna pun menyoroti para pekerja yang rentan dan memiliki risiko K3 lebih tinggi namun tidak memiliki APD yang memadai. Salah satunya adalah para pekerja casual seperti petugas kebersihan dan pedagang di pasar maupun keliling yang harus tetap bekerja di luar rumah. Berdasarkan Konvensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja International Labour Organization , ketersediaan perlengkapan pendukung higienitas tempat kerja merupakan tanggung jawab utama pemilik perusahaan. Pengusaha harus menjamin tempat kerja dalam kondisi aman, ketersediaan handsanitizer, dan mengusahakan terciptaknya physical distancing. Integrasi SMK3 ini, imbuh Dr. Isna, berupa penetapan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian risiko.