Menangkap Peluang Lonjakan Harga Bitcoin

Namun khusus sebagai miner, ia mengaku baru sebulan ini melakukannya. Ia sebenarnya berencana membuat mining rig dengan 32 kartu grafis, namun melejitnya harga VGA membuat Bill menunda niat tersebut. Untuk mendapatkan koin tersebut, para “pemburu” uang digital ini harus berlomba adu cepat dalam menyelesaikan semacam puzzle algoritma yang disebut hash. Semakin cepat kecepatan komputer, semakin tinggi jumlah hash yang bisa diproses, yang berarti semakin besar kemungkinan miner mendapatkan Bitcoin. Pendek kata, pembeli tinggal colok mining rig tersebut ke listrik, dan uang digital pun siap didulang. Mining rig dengan konfigurasi tiga kartu grafis dibandrol di harga Rp.30 jutaan, sementara konfigurasi enam kartu bisa mencapai Rp.60 jutaan.

“Ibadah” menambang bitcoin yang dilakukan Ayip selama kurang lebih empat tahun itu membuatnya jatuh sakit. Jamie Dimon, CEO JPMorgan, menyebut cryptocurrency sebagai fraud. Warren Buffet, investor dengan pengalaman puluhan tahun, dengan penuh keyakinan menyebut cryptocurrencyakan berakhir buruk.

Makanya, pastikan betul alamat pockets sudah ditulis dengan benar, sebelum melakukan pengiriman bitcoin. Dan pembobolan tersebut tidak hanya terjadi di change kecil, tetapi change besar. Exchange yang sudah punya nilai transaksi jutaan dollar setiap harinya pun bisa kena serangan hacker dan mengalami kerugian yang tidak kecil.

Untuk mendapatkan uang virtual ini pada dasarnya dapat di peroleh dengan dua cara yakni dengan melakukan penambangan dan juga dengan cara membeli. Lanjutkan baca artikel ini dan artikel lainnya dengan daftar akun Kompas.id. Oleh karenanya, setiap knowledge transaksi yang dilakukan di masa lampau hingga yang terjadi saat ini tersimpan di semua peer seluruh jaringan. Data tersebut teradministrasikan berdasarkan urutan kronologis transaksi. Setiap transaksi harus diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan legitimate.

Usaha BitCoin

Dengan begini, seperti halnya emas, Bitcoin pada dasarnya langka. Transaksi Bitcoin direkam di dalam blockchain; semacam buku besar yang mencatat seluruh transaksi. Cara ini memastikan bahwa setiap transaksi ditandatangani serta divalidasi oleh pemilik akun. Memang ada beberapa trade Bitcoin terbesar di dunia yang tidak terdaftar di Bappebti.