Menghitung Pengembalian Investasi Rumah Kost

Selain penghitungannya lebih sederhana, nilai pajak yang dibebankan ke wajib pajak pun tidak memberatkan pemilik kos-kosan. Pajak kos-kosan sendiri pada dasarnya sudah diatur dalam Pasal 1 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah . Dalam hal ini, yang termasuk dalam kategori resort adalah motel, losmen, rumah penginapan, maupun rumah kos dengan jumlah ruang tidur lebih dari 10. Ada yang pembayarannya per bulan, per tiga bulan, per setengah tahun, hingga per setahun. Tidak heran, dengan keuntungan yang besar, perputaran uang yang cepat, tidak sedikit pelaku usaha yang mengincar peluang usaha kos-kosan.

Namun juga penting untuk mencari tempat yang dekat dengan grocery store, rumah sakit dan jalan raya. Begitu juga kalau Anda mencari goal mereka pekerja, maka bisa memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran. Kalau goal Anda mahasiswa, maka Anda bisa mencari lokasi yang berada di dekat kampus.

“Untuk project ini kami membuat harga penawaran per lot sebesar Rp 1 juta. Sementara estimasi dividennya 6-8 persen per tahun,” ungkap Romario. Co-Founder LandX Romario Sumargo mengatakan, dividen ini berhasil dikumpulkan dari 9 proyek besarnya yang rata-ratanya memiliki pendanaan sebesar Rp 3,5-6 miliar. Tahun depan, Andi juga berencana untuk memperluas bisnisnya itu dengan membuka cabang baru di beberapa kota. Kementerian PUPR sebagai regulator bertanggung jawab untuk melindungi konsumen dan memastikan kualitas rumah, khususnya rumah bersubsidi. Subscribe weblog kami dan dapatkan informasi terbaru tentang pajak.

Karena jika rumah kost tidak dikelola dengan baik, bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Justru Anda bisa kehilangan kingkong games banyak uang dan tidak mendapatkan keuntungan. Izin usaha ini memiliki istilah yang berbeda-beda disetiap daerah.

Selain itu, bangunan tersebut juga dapat ditambahkan ruang penunjang dengan tujuan memenuhi kebutuhan kegiatan penghuni sepanjang tidak menyimpang dari penggunaan utama sebagai hunian. Salah satu syarat penting dalam pendirian bangunan adalah Izin Mendirikan Bangunan (“IMB”). Sisanya anggaran lain akan disalurkan untuk keperluan penjaga kost dan biaya operasional seperti listrik atau air. Tukul bersyukur karena usaha kos-kosannya tidak mengalami kendala yang berarti. Kesalahan umum yang sering terjadi pada seorang pebisnis amatir adalah mengerjakan semua hal sendiri.