Menkes Terbitkan Aturan Vaksin Mandiri, Ini Bedanya Dengan Vaksinasi Prioritas Pemerintah Halaman All

Pemerintah akhirnya telah mengizinkan PRAGMATIC SLOT untuk dilakukan. Pemberian vaksin ini berikutnya akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan atau pemilik usaha. Dalam aturan yang dikeluarkan Permenkes, vaksinasi COVID-19 mandiri diberi nama vaksinasi gotong royong. Biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Pelayanan vaksinasi Gotong Royong hanya dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan, tidak di fasilitas pelayanan kesehatan.

Saat ini, vaksin-vaksin tersebut masih dalam proses information mutu dan registrasi dari perusahaan yang memproduksinya. Mutu setiap vaksin harus terjamin sebelum diberikan pada masyarakat dalam program vaksinasi mandiri. Fasilitas kesehatan yang digunakan berbeda, hal ini disebabkan fasilitas kesehatan pemerintah tidak boleh digunakan untuk program vaksinasi gotong royong. Namun demikian, vaksin mandiri berbeda dengan vaksin yang sudah menjadi program pemerintah. Vaksin dalam program pemerintah menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sedangkan untuk vaksinasi mandiri menurut rencana akan memakai buatan Sinopharm dan Moderna.

Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun. Ia juga mengimbau kepada pegawai Lapas untuk berhati-hati dan menerapkan disiplin protokol kesehatan ketat. Mengingat petugas yang berkegiatan di luar lapas, juga harus menjaga diri agar tidak menularkan pada warga binaan. Kamis (25/03), Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan Balai Besar POM di Samarinda, Abdul Haris Rauf, meninjau beberapa Puskesmas di Kota Samarinda untuk melakukan intervensi dan pendampingan pengelolaan vaksin Covid-19.

Tingginya antusiasme itu sangat wajar, karena beberapa pengusaha sudah terlalu lama terpenjara dalam bingkai pandemi hal ini membuat pergerakan lambat. Karena itu, tujuan dari sosialisasi vaksinasi gotong royong adalah untuk menjembatani pelaku usaha bisa mengakses vaksin Covid-19. Vaksinasi gotong royong merupakan program vaksinasi yang dikhususkan untuk perusahaan beserta karyawannya.

Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong royong tidak dipungut biaya atau free of charge, sesuai bunyi Pasal 3 ayat Permenkes Nomor 10 Tahun 2021. Pemerintah membuka opsi pemberian izin vaksinasi mandiri Covid-19 guna mempercepat penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Pada Pasal 21 Ayat 1 disebutkan, pelayanan vaksinasi program dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah atau masyarakat/swasta. Fasyankes yang dimaksud Puskemas, Puskemas pembantu, klinik, rumah sakit, unit pelayanan kesehatan di kantor kesehatan pelabuhan serta di pos pelayanan vaksinasi. Sedangkan untuk Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi untuk karyawan dan karyawati yang biayanya ditanggung atau dibebankan oleh badan hukum/badan usaha. Dengan diberikannya kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan vaksinasi mandiri maka kekebalan kelompok atau herd immunity bisa lebih cepat diperoleh.