Nggak Dapat Sms, Gimana Cara Dapat Vaksin Corona Pak Menkes?

Sebagai bagian dari jurnalisKompas.com, saya mendapatkan jadwal penyuntikan pertama yang dilakukan di GOR Gemilang, Kompleks Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021). Vaksinasi ini akan di prioritas di tujuh provinsi pulau Jawa dan Bali, hal ini dilakukan guna memaksimalkan goal pelandaian kasus COVID-19 yang hampir 70 persen di antaranya dari Jawa-Bali. “Kota Bandung butuh sekitar 1.5 juta, harus kali dua kali penyuntikannya,” ucapnya. Bila dari hasil skrining wawancara warga dinyatakan sehat, maka pemberian vaksin dapat dilakukan. “Seperti pernah atau tidak mengalami demam, ISPA, batuk dan sesak 7 hari kebelakang. Mengalami diare dan apakah ada kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi Covid -19,” ungkapnya. “Ada keterlibatan dari BPJS karena ikut di dalam aplikasi tiket dan ada aplikasi lainnya.

Lagi-lagi, mayoritas menyarankan untuk cek di layanan Pedulilindungi.id, yang ternyata juga tidak banyak membantu. Banyak yang statusnya ‘Siap untuk vaksinasi’, tetapi tidak ada informasi apapun tentang jadwal penyuntikan. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan bahwa untuk saat ini pendaftaran vaksinasi lansia memang tidak dilakukan melalui aplikasi.

Vaksinasi COVID-19 akan dilakukan secara bertahap di awal tahun 2021. Untuk mencegah dampak fatal yang tidak diinginkan, Kementerian Kesehatan RI memberikan formulir KIPI yang berisi informasi kontak. Jika sampai salah, misalnya menyuntikkan vaksin ke dalam lapisan lemak subkutan, maka dapat menyebabkan pemrosesan antigen yang lambat. Kebanyakan vaksin memang harus diberikan melalui jalur intramuskular ke dalam deltoid atau paha. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan imunogenisitas vaksin dan meminimalkan reaksi merugikan.

Adjuvan akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan respons terhadap vaksin. Para peneliti mulai mengambil sampel virus ini dari pasien Covid-19 di China untuk membuat vaksin Sinovac. Vaksin ini bekerja untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi dapat melawan virus Covid-19.

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BALI MANDARA melayani vaksinasi dengan prioritas utama lansia. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu serta tempat pelaksanaan vaksin. Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Saat mendaftar, KTP diminta oleh petugas vaksinasi dan didata ke dalam sistem. Saya dijadwalkan mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19 di GOR Gemilang, kompleks Pemerintah Kabupaten Magelang. KOMPAS.com- Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi para pekerja publik dan lansia di atas 60 tahun di Indonesia mulai berjalan. Sebaliknya, beberapa orang yang sudah mendapat jadwal penyuntikan, dan bahkan sudah mendapat suntikan pertama, namanya malah tidak terdaftar di web site tersebut. Informasi tentang jadwal penyuntikan biasanya mereka dapatkan dari organisasi atau institusi yang mendaftarkan mereka secara offline.

Pada tahapan ini, masyarakat yang berhasil disuntik vaksin akan terus dipantau berdasarkan hasil vaksinasi di awal. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, bila dilihat dari segi fasilitas persiapan, Jateng sudah siap. Banyak bantuan yang datang mulai dari TNI, Polri hingga Kementerian BUMN. Bersama Kementrian BUMN, Provinsi Jawa Tengah melakukan kerjasama untuk membuat sentra pemberian vaksinasi. Berdasarkan informasi yang beredar, vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan segera dimulai Januari hingga April 2021.

Materi genetik itu kemudian mengajari dan memberikan perintah sistem kekebalan tubuh cara melawan infeksi virus SARS-CoV-2 di masa mendatang. Saat ini sejumlah negara tengah melakukan program vaksinasi nasional menggunakan beberapa merek vaksin yang telah dibuat oleh sejumlah perusahaan biofarmasi. KOMPAS.com – Salah satu upaya dunia dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan vaksinasi, selain juga tetap menjaga protokol kesehatan agar penularan dapat menurun. Selesai melakukan vaksinasi, saya mendapatkan pesan singkat dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil melakukan vaksinasi. Selama setengah jam observasi, tak ada reaksi yang serius yang saya rasakan.

Contoh lain vaksin yang dibuat dari virus inaktif adalah vaksin untuk melawan polio, hepatitis A dan rabies. Sementara itu, vaksin yang dibuat dengan virus tidak aktif bahan virus dibuat dengan cara patogen dimatikan ataupun dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ia tidak akan bereplikasi. Adapun untuk pembutan judi online vaksin yang memanfaatkan seluruh virus dikenal dengan vaksin virus utuh. Dikutip dari Medical News Today (22/1/2021), vaksin yang dikenal selama ini dibuat dengan menggunakan patogen atau sebagian patogen virus yang dinonaktifkan. Saya sendiri lolos screening kesehatan dan lanjut ke proses penyuntikan vaksin.