Pemerintah Intensifkan Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Lansia

Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama, yakni Sinovac dengan dosis zero,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Lansia termasuk kelompok usia yang rentan terkena Covid-19 bergejala berat dan meninggal dunia akibat penyakit yang sudah menjadi pandemi sejak setahun terakhir itu. Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi Covid-19 kedua. Kondisi ini berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari.

Kemudian institusi atau organisasi tersebut bekerja sama dengan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota lalu menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi massal. Kemudian, di situs-situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Pada ketiga situs tersebut, akan tersedia tautan atau link, yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lansia untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan. Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, sosialisasi dilakukan meliputi mekanisme pendaftaran hingga teknis pelaksanaan vaksinasi. Lebih lanjut, untuk memudahkan proses pendaftaran Lansia sebagai penerima vaksinasi COVID-19 tahap kedua, Kementerian Kesehatan menyiapkan formulir pendaftaran online untuk Provinsi DKI Jakarta dan 33 Ibu Kota Provinsi lainnya di Indonesia. Berdasarkan dari knowledge ini Dinas Kesehatan Kota dan fasilitas pelayanan kesehatan dapat mengatur jadwal dan jumlah lansia yang terdaftar di faskesnya dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan gelombang pertama program vaksinasi COVID-19 akan menyasar tiga kelompok, diantaranya nakes, lansia dan petugas publik. Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia. Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. “Organisasi lain juga dapat menyelenggarakan vaksinasi secara massal, misalnya organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan lainnya. Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal,” tegas Nadia.

Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Khofifah berharap, masyarakat Jatim, utamanya lansia karena yang paling rentan terpapar covid-19 bisa berpartisipasi aktif dalam program percepatan vaksinasi. Para anak muda juga dapat membantu dengan mengajak dan mengantar orang tuanya, khususnya para lansia untuk segera divaksinasi. Pemberian vaksin kepada lansia sangat penting mengingat merak merupakan kelompok yang rentan tertular Virus Corona. Olehnya itu Sulkarnain mengatakan bagi warga yang memiliki orang tua maupun lansia agar mengajak mereka untuk bersama-sama datang ke tempat vaksinasi untuk dilakukan vaksin.

Selaras dengan itu, Direktur Rumah Sakit Al-Islam, Muhammad Iqbal mengatakan, setelah mendapatkan knowledge dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, para lansia akan dihubungi untuk diberikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara on-line sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19. BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Merdeka.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta menyatakan sudah ada sekitar forty game slot online five.000 warga lanjut usia yang mendaftar untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia tahap pertama yang diadakan di Mal Ciputra Tangerang, Sabtu (27/three/2021).