Siap Lawan Gm Irene, Dewa Kipas Beli Papan Catur Baru, Ngaku Eight Tahun Nggak Major Catur

Pihak Chess.com menganalisa information permainan Dadang dan menyebut ia melakukan kecurangan. GM Susanto pun menjawab, Dewa Kipas memiliki kemampuan di atas rata-rata orang biasa. Ia menilai permainan Dewa Kipas hampir setara pemain catur bergelar Master Nasional. Nama Deddy pun sempat ramai di Twitter saat pertandingan berlangsung, banyak netizen yang memperkirakan pendapatan iklan yang diperoleh Deddy bisa mencapai Rp1 M sendiri. Hal itu ditaksir karena jumlah penonton di YouTube Deddy yang menembus menembus 7 juta, belum lagi iklan yang berdatangan seperti dari Tokopedia sebagai sponsor utama, Le Mineral, Lucky Day Kopiko hingga Antis Indonesia.

Menonton duel yang jarang terjadi, Dewa Kipas alias Pak Dadang, seorang pecatur tradisional yang menimba ilmu dari kopi ke kopi dan dari pos ronda ke pos ronda. Dan lawan dari sang Dewa Kipas tentu punya latar belakang yang mentereng. Seorang pecatur profesional bergelar Grand Master yang menimba ilmu dari tempaan khusus dengan berbagai teori catur yang pasti sudah dia khatamkan. Tanpa Om Ded yang memfasilitasi, duel akbar antara Pak Dadang vs Mbak Irene mungkin tidak akan pernah terjadi. Pundi-pundi keuntungan itu kembali blio temukan di ribut-ribut Dewa Kipas alias Pak Dadang yang dituduh ngecheat saat mengalahkan Gotham Chess yang katanya seorang Grandmaster catur dunia. Semua keributan itu berawal dari sebuah recreation Situs slot judi online resmi di Indonesia lalu menjalar ke dunia nyata.

“Kalau diminta tanding ulang lagi, bisa berantakan saya mas. Mas Utut itu sangat susah untuk dikalahkan, dan jelas-jelas kemampuan catur saya jauh di bawah dia,” kata Deddy. “Saya tidak tahu kalau apa yang saya lakukan dilarang dalam peraturan pertandingan catur, karena itu memang cara saya seperti itu untuk mempengaruhi lawan,” kata Deddy kala itu. Sementara itu, Deddy beralasan bahwa ia tidak mengetahui kalau aksinya itu ternyata tidak diperbolehkan dalam pertandingan catur. Ia menyebut aksi-aksi ‘intimidatif’ itu memang jadi bagian dari strateginya untuk mengganggu konsentrasi lawan.

Ketika bermain catur, langkah bidak lawan harus diproses sedemikian rupa oleh otak. Anda harus tahu maksud dari langkah tersebut, sehingga bisa mengantisipasi serangan. Catur merupakan salah satu permainan yang asyik dilakukan di kala senggang. Meski terkesan mudah, nyatanya cabang olahraga ini memiliki kesulitan tersendiri dan tak semua orang pintar memainkannya. Dewa Kipas yang sudah kalah 3-0 akhirnya tidak mau melanjutkan babak keempat setelah sebelumnya Irene unggul 2-zero di babak kedua.

Tak butuh waktu lama, jumlah penonton pertandingan catur online antara Dewa Kipas dengan GM Irene Sukandar pun terus meningkat hingga melampaui angka 1,1 juta viewers. Tentunya untuk membuat pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma itu semakin menarik, diperlukan komentator yang paham akan permainan catur. Mungkin itulah alasan mengapa Deddy selaku tuan rumah dalam duel nanti menghadirkan Sutanto dan Chelsie.