Vaksinasi Mandiri Lebih Murah Ketimbang Ongkos Pandemi

Indonesia mengalami salah satu epidemi virus corona terburuk di Asia, dengan lebih dari 1,4 juta orang terinfeksi dan lebih dari 38 ribu meninggal sejauh ini. Untuk mempercepat vaksinasi tahap II, dr Maxi mengatakan, Kementerian Kesehatan menggunakan empat metode. Menkes mengakui, pertarungan untuk mendapatkan vaksin saat ini sangat ketat karena penduduk dunia mencapai 7,eight miliar. Selain Sinovac, Novavax, Astrazeneca, Pfizer, dan Moderna, pemerintah lewat Bio Farma juga memesan vaksin Johnson & Johnson. Kita membantu agar rakyat bisa mendapat vaksin lebih cepat dengan menggunakan jalur-jalur swasta.

Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Selain Sinovac, Novavax, AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna, pemerintah lewat Bio Farma juga memesan Johnson & Johnson. Saat ini, Bio Farma sedang mempersiapkan produksi vaksin Merah-Putih yang one hundred% dibuat di dalam Slot 2021 negeri. Selain itu, pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia hanya boleh dilakukan oleh PT Bio Farma . Kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan vaksin dan kebocoran. Namun, lonjakan kasus terjadi yang memaksa pemerintah bersikap tegas dengan memperketat kembali pergerakan manusia untuk menekan penyebaran Covid-19 kala itu.

Apa yang perlu masyarakat ketahui tentang vaksinasi mandiri ini nanti? Vaksinasi mandiri layak menjadi bagian dari solusi mengatasi pandemi. Yang penting, ia tak merusak tujuan awal vaksinasi, yakni membangun kekebalan kelompok secara cepat dan berkeadilan. Bangsa ini bahkan diyakini bisa lebih cepat lagi menyelesaikan vaksinasi. Keyakinan itu pula yang tengah coba dipelajari oleh pemerintah untuk diwujudkan.

“Yang paling penting, perusahaan-perusahaan ini mendukung vaksinasi gotong royong dan ini cara cerdas untuk mendistribusikan vaksin dengan baik,” kata dia. Kadin bekerja sama dengan pemerintah mengupayakan vaksin gotong royong. Kadin, kata dia, bekerja sama melakukan pendataan pihak-pihak yang menjalankan program itu. Upaya vaksinasi mandiri yang terus digencarkan oleh Kadin mendapat respon positif di kalangan pengusaha, tercermim dari membludaknya peserta sosialisasi vaksinasi yang digelar secara virtual oleh Kadin Surabaya. Jangan lupa juga, berikan mereka beberapa informasi bagaimana mempersiapkan diri dengan baik sebelum vaksinasi nanti.

Program ini memungkinkan karyawan perusahaan yang sudah mendaftar, ditambah anggota keluarga mereka, untuk menerima vaksinasi free of charge di pusat-pusat kesehatan swasta dengan vaksin yang didistribusikan oleh Bio Farma. Total ada komitmen 270 juta dosis dan ada opsi untuk membeli 280 juta dosis lagi. Dan hingga kini, pihaknya mendata ribuan perusahaan yang mendaftarkan three,5 juta orang pekerjanya untuk menerima vaksin gotong royong. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelaksanaan vaksinasi mandiri atau yang disebut dengan vaksinasi gotong royong dijadwalkan mulai dilaksanakan akhir Maret 2021. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah, Anindya Bakrie, menyampaikan hal tersebut saat berada di Surabaya, Kamis (four/3).