9 Suggestions Mendampingi Anak Belajar On-line Di Rumah Selama Pandemi

Hal ini dilakukan supaya anak semangat untuk belajar mengaji serta tidak mudah cepat merasa kebosanan. Belajar mengaji sangat penting dilakukan agar anak bisa memiliki wawasan mengenai agama islam secara lebih luas dan mendalam. Untuk bisa meraih prestasi, anda harus pandai mengatur waktu dengan baik. Sebagai siswa tentu kegiatan anda tidak hanya belajar, tapi juga banyak kegiatan lainnya seperti bermain, bersosialisasi, hingga membantu orang tua.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Beberapa anak mungkin tidak memerlukan banyak bantuan fonik dalam membaca. Namun berbagai penelitian menyebut kesadaran fonik penting bagi anak kecil dan mereka yang kesulitan membaca. Orang tua hanya perlu mengambil satu buku, lalu membacakan dengan suara nyaring. Tujuannya untuk memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi si Kecil. Semakin banyak membaca, maka akan semakin banyak kosakata yang dimiliki si Kecil.

Banyak orang tua mengeluh bahwa anaknya susah sekali di atur, oleh karena itu buatlah kesepakatan untuk belajar. Misalnya, memberi waktu untuk anak bermain gadgetnya atau menonton televisi, jika waktu sudah habis, maka anak harus kembali belajar. Atau bisa memberi waktu untuk anak bermain ke taman, jika waktu sudah selesai, maka Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 harus kembali pulang ke rumah. Jika anak mempunyai gaya belajar audiovisual, orang tua atau guru bisa menggunakan media belajar berupa video supaya anak bisa menangkap pelajaran dengan mudah. Atau orang tua dan guru bisa juga membuat video anak ketika belajar, agar anak dapat mengulang pembelajaran dengan videonya sendiri.

Ketika si Kecil sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik, membacakan nyaring hendaknya bersifat interaktif. Salah satunya dengan melibatkannya dalam penggunaan berbagai kosakata. Di akhir sesi membaca si Kecil bisa didorong untuk menceritakan kembali isi buku. Penulis buku-buku greatest seller yang penjualannya hingga ke Malaysia itu menyarankan agar anak disesuaikan pendidikannya dengan cita-cita yang ingin ia raih. Sebagai orangtua, Anda harus menanyakan mimpi anak sejak dini.

Berbagai ancaman, hukuman maupun reward sepertinya tidak mempan. Belajar di rumah sepertinya mengerti dengan apa yang saya jelaskan tetapi, begitu melihat hasil ulangan, ternyata harus ikut remidi. Berbeda dengan adiknya, adiknya belajar tanpa disuruh terkadang malah waktunya santai dia minta diajari ini itu.

Seperti kita ketahui bahwa suasana belajar dapat mempengaruhi motivasi anak belajar. Ketika suasana belajar anak nyaman anak akan lebih termotivasi untuk belajar. Sebuah tempat yang nyaman, menarik, dan bebas dari gangguan dapat menjadi tempat yang memunculkan motivasi anak untuk belajar. Itu mengapa tempat belajar adalah salah satu faktor luar yang mempengaruhi malas tidaknya anak belajar. Bisa dibilang menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah hal penting dari upaya orang tua untuk membuat anaknya betah belajar di rumah. Berawal dari suasana yang nyaman dan kondusif akan membawa perasaan bahagia saat belajar.

Bersabarlah dalam menghadapi anak, jangan menggunakan kekerasan saat memintanya untuk belajar karena ini hanya akan membuatnya semakin malas. Cobalah untuk tetap menanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak agar ia tahu kapan waktunya untuk belajar. Meski begitu, jangan bersikap manipulatif dan terlalu menuntut karena hal ini malah bisa membuat anak jadi malas belajar. Pernahkah Anda melihat anak malas mempelajari subjek atau pelajaran tertentu? Cobalah berdiskusi dengan guru atau wali kelasnya di sekolah. Sering bertanya saat belajar dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak.

Jika anak merasa nyaman dengan orang tua dan lingkungan yang tercipta, maka anak akan cenderung lebih patuh terhadap perintah orang tua. Perlu dipahami bahwa setiap anak memiliki ritme dan kecepatannya sendiri dalam memahami sesuatu, termasuk saat belajar membaca. Belajar membaca juga dapat dilakukan dengan cara mengajak anak membaca banyak buku cerita dengan kata-kata sederhana, sambil mengenalkan huruf dan kata.