Cara Investasi Saham Untuk Pemula Yang Menguntungkan Dan Aman

Skala perbandingan risiko baik untuk kerugian dan keuntungannya tidaklah jauh berbeda. Selain itu, tendensi turun dan naiknya nilai saham dapat berubah tidak lagi dalam hitungan hari bahkan bisa dalam hitungan jam. Akan tetapi, godaan terhadap iming-iming keuntungan yang dapat diberikan dalam bermain saham, terkadang membuat orang yang kurang berhati-hati dan akhirnya gagal dalam berinvestasi saham.

Para trader memanfaatkan momentum fluktuasi atau pergerakan naik turun harga saham untuk mengambil keuntungan. Trader memakai analisa teknikal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam aktivitas jual beli saham. Analisis teknikal dilakukan dengan mengamati naik-turunnya harga saham di suatu rentang waktu tertentu dan informasi soal titik terendah dan tertingginya. Sebagaimana jenis investasi lainnya, bisnis saham juga memiliki risiko kerugian.

Jadi, saat kamu melakukan pengecekan akun sahammu dan ternyata ada saham yang naik banyak, maka yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek valuasinya, baik itu PBV atau PERnya. Jika ternyata sudah mahal dan mulai berhenti melakukan kenaikan maka kamu bisa jual dulu dan cari saham yang murah lagi. Membeli saham berbeda dari sektor yang berbeda-beda, misalnya ada dari shopper, tambang, perbankan dan lainnya. Dalam praktek analisa value investing, bahkan dari investor sekelas Warren Buffett sekalipun, belia dalam menilai apakah saham murah atau tidak selalu melihat dua rasio ini, yaitu PBV dan PER nya. Harga saham Rp.50 bukan berarti lebih murah dari yang seharga Rp.5000 karena semua kembali ke nilai buku terbarunya atau istilahnya e-book worth. Demikian seterusnya, sampai ketemu perusahaan yang menarik dari segi laba dan valuasinya.

Saham yang menguntungkan

Tapi bukan berarti biaya sekuritas yang lebih tinggi tidak layak untuk dipilih. Biasanya biaya sekuritas ditentukan dari kualitas pelayanan dan aplikasinya. Jika sudah memahami keuntungan yang bisa didapat dari investasi saham, berikutnya adalah bagaimana cara mendapatkannya dan memaksimalkannya dengan baik. Jangan minder dengan modal kecil, tak ada kata terlambat untuk mulai investasi saham. Kenali dahulu saham perusahaan yang akan dibeli dan bisnis yang dijalankan. Semakin banyak informasi yang diperoleh, maka semakin banyak pula pertimbangan.

Di sisi lain, ada orang yang relatif santai dalam mengejar keuntungan yaitu dengan cara investing. Investor tersebut tidak memperhatikan fluktuasi harga saham setiap harinya karena saham yang dimilikinya dipegang dalam kurun waktu lama hingga harganya tercapai sesuai tujuan keuangannya. Kebalikan dari buying and selling, konsep investing atau investasi saham memiliki jangka waktu yang lebih lama. Strategi investing cenderung beli dan tahan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Setelah rekening sudah selesai dibuat, berikutnya investor harus top-up sejumlah dana ke rekening efek. Uang di rekening efek itulah yang nantinya berfungsi seperti e-money. Uang tersebutlah yang investor gunakan untuk membeli saham-saham on-line yang diinginkan. Jadi, biaya transaksi yang dimaksud adalah biaya pembelian dan penjualan saham.

Setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan nilai deposit dana investasi saham yang berbeda-beda. Investor lainnya Welly Gunawan menambahkan, untuk investasi atau trading saham di bursa, cukup memilih lima atau enam saham, supaya lebih mudah dicermati pergerakannya. Lima saham itu perlu dipantau perkembangannya setiap hari setelah pasar tutup untuk bersiap memilih saham pilihan lain di esok hari. “Untuk modal, gunakan dana menganggur, hitungan idealnya, 20 persen dari complete aset yang kita punya, ini penting ketika kita harus mengalami rugi,” ujarnya. Banyak orang yang menganggap bahwa investasi di pasar modal sulit sekali untuk dilakukan. Apabila anda sebagai pemula, maka anda harus paham mengenai sistem saham yang termasuk investasi jangka panjang.

Reksa dana bisa menjadi investasi jangka pendek atau panjang, tergantung modal dan pihak pengelolanya. Dalam investasi ini, dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi dari lembaga penyedia reksa dana. Jika ingin risiko rendah, kamu bisa memilih reksa dana campuran. Akan tetapi, untuk hasil lebih besar , reksa dana saham bisa menjadi pilihan. Mayoritas orang berkewarganegaraan asing yang menanamkan uang di bursa saham indonesia harusnya menjadi cambuk buat kita untuk mulai terjun dalam investasi saham.

Maka itu, tak heran jika di era ini, banyak pemodal baik itu yang datang dari Venture Capital, hingga angel investor turut berperan aktif dalam mengedukasi startup baru agar semakin matang dan berkembang. Caranya macam-macam, bisa dengan dengan memfasilitasi mereka lewat berbagai program, mulai dari inkubasi, akselerasi, hingga mentorship dari pakar turut pula dihadirkan. Adapun nilai di masa mendatang dari obyek yang diperdagangkan tersebut sangat dipengaruhi oleh instrumen induknya yang ada di spot market.

Ternyata tidak harus dipelototin tiap hari, yah … harus tahu “karakter”-nya saja, kapan kira-kira turun dan kapan naik harganya. Adapula yang bermodalkan kurang dari Rp 10 juta tapi tetap ingin menjadi seorang trader. Saran saya, jika ingin menjadi trader dibawah Rp 10 juta, ikutilah pergerakan tren pasar.