Ini Kunci Bahagia Di Rumah Dan Kantor Untuk Ibu Pekerja

Sekarang yang penting saya masak untuk bekal suami dan anak-anak, satu menu untuk tiga kali makan. Ketika hal pertama yang dilakukan beberapa orang tua di pagi hari adalah berusaha mengalihkan anak-anak mereka dengan media digital/elektronik, orang tua lainnya memulai dengan ‘care plan’. Membangun mindset anak-anak seakan mereka akan berangkat sekolah dengan memastikan mereka berpakaian rapi di pagi hari, sarapan dan mengajak mereka berjalan-jalan di luar sebentar. Idealnya, tempat kerja sebaiknya di area yang tenang dan ada privasi.

Studi menunjukkan bahwa ninety persen istirahat makan siang membantu mereka merasa segar dan siap untuk kembali bekerja. Istirahat penting ketika bekerja di rumah, terutama ketika memiliki anak. Indonesiainside.id, Jakarta –Transisi cara kerja yang baru imbas pandemi Covid-19 seperti bekerja di rumah atau Work from Home bisa saja tiba-tiba terasa sulit, terutama bagi sang ibu.

Dengan menyebut nama Tuhan dan atas kuasa-NYA saya pun hingga hari ini masih diberi kepercayaaan Tuhan menjalankan profesi sebagai seorang Housewife sekaligus bisnis catering dan warung makan di rumah. Hasilnya memang belum terlihat besar, tapi saya yakin dengan keuletan dan kesabaran saya bisa menjalankannya. Menyambut tahun 2021, banyak wanita yang perlu mengembangkan diri sebagai wanita karir. Dahulu, seorang wanita idealnya harus berada di rumah untuk mengurus berbagai keperluan rumah tangga. Berbagai aktivitas yang kerap dilakukan oleh wanita di rumah adalah memasak di dapur, mencuci piring dan pakaian serta mengurus anak. Seorang wanita umumnya hanya keluar rumah untuk belanja kebutuhan keluarga dan pergi mengantar anak ke sekolah setiap hari.

Sang suami memang sempat mengeluhkan kondisi tubuhnya yang menurun sejak 24 Juni. Selama tiga hari, ia mengalami diare dan pada 27 Juni, keluhan bertambah dengan badan yang terasa lemas dan pegal. Setelahdikerokin, minum paracetamol dan dibawa tidur, besok paginya dia merasa fit dan kembali kerja lagi,” kenang Femy. Jika memang Anda sudah memiliki anak, biasakan untuk melakukan hal yang sama ketika Anda sedang bekerja di kantor. Jangan sampai Anda terlena untuk merubah kebiasaan Anda dengan anak ketika sudah WFH. Pada akhirnya, coba untuk akhiri pekerjaan Anda pada waktu yang sama setiap hari.

Karier pun bakal melesat, berkat dukungan dari keluarga terutama anak. Begitupun sebaliknya, jika anak melakukan kesalahan, didik dengan kata-kata maaf. Bila nakal sudah melampaui batas, Anda dapat memberikan hukuman, seperti potong uang jajan, menyita ponselnya untuk jangka waktu sebulan misalnya. Diharapkan anak menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi. Sebagai orangtua, Anda harus bersikap tegas walaupun sibuk bekerja. Anda dapat memberi penghargaan bila sikap anak baik, seperti memujinya bila telah melakukan perbuatan baik, mengajaknya liburan jika rapor nilai anak bagus agar terus meningkatkan atau mempertahankan prestasinya.

Tentu, tempat itu harus santai, bersih, aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Awalnya, Sassa mengaku mempromosikan hasil kerajinannya melalui situs jejaring sosial Facebook. “Ternyata banyak yang minat dan akhirnya banjir pesanan dari mana-mana,” katanya.

Tak dimungkiri, pekerjaan di kantor sudah sangat menyita perhatian Anda. Namun sesibuk apapun bekerja, berikanlah waktu terbaik Anda untuk anak. Namun, diibandingkan fokus pada konflik, sebaiknya pasangan sama-sama mencari solusi dari permasalahan tersebut melalui kesepakatan bersama.

Usahakan tidak ada lembur atau pekerjaan yang mendesak yang harus dilakukan di akhir pekan. Buatlah akhir pekan menyenangkan, misalnya dengan memasak bersama, sekadar nonton TV bersama, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Jika Anda memutuskan melamar di sebuah perusahaan atau tempat usaha sebagai pekerja paruh waktu, meski sambilan, pastikan surat lamaran yang Anda ajukan tak asal-asalan.

Cukup mirip dengan menjadi reseller, hanya saja cakupan bisnis berjualan on-line ini cukup luas. Moms bisa jual produk-produk handmade atau produk lainnya yang dibuat sendiri. Di sela waktu luang, Moms bisa menjalankan bisnis reseller atau dropship yang keuntungannya besar jika rajin. Biasanya, pengelola kafe lebih memilih merekrut mahasiswa sebagai pekerja paruh waktu.

Bekerja sambil menjaga anak dari rumah

Namun jika Anda takut anak mengganggu pekerjaan Anda, cobalah untuk memberi pengertian bahwa Anda tengah bekerja. Agar anak tetap merasa diperhatikan saat orang tua sibuk bekerja di rumah, maka komunikasikan dengan anak apa yang saat ini mereka rasakan dan inginkan. Hal ini akan memberikan dampak baik seperti anak akan merasa tetap diperhatikan. Orang tua dan anak dapat saling memahami tentang apa yang sedang terjadi. Sikapnya yang tegas dan rasa percaya diri yang dimilikinya membuat wanita karir lebih disegani. Kualitas diri yang berbeda membuat seorang wanita karir lebih disegani dan berwibawa.